Jumat, 17 September 2010

KOMIK BHARATAYUDHA

Karya : Teguh Santosa
Harga : Rp.150.000,-
Stock : SOLD OUT

Perang besar antara Pandawa dan Kurawa di medan Kurusetra ini bermula ketika usul Kresna sebagai duta Pandawa ditolak mentah-mentah. Usulan perdamaian antara Pandawa dan Kurawa yang disampaikan, hanya mendapatkan kecaman dan cemoohan dari para Kurawa. Perang jauh lebih baik bagi mereka ketimbang berdamai dengan Pandawa; meskipun harus mengorbankan ribuan nyawa.
Selama 18 hari Kurusetra bermandi darah ribuan prajurit, sentana dan petinggi-petinggi dari masing-masing pihak yang bertikai, sebelum akhirnya Kurawa hancur dan kalah. Kemenangan menjadi milik Pandawa seutuhnya. Namun, tatkala kemenangan telah tergenggam di tangan, mereka justru kehilangan hasrat untuk memerintah Hastina. Kesedihan yang mendalam akibat kehilangan putra-putra terbaik mereka di medan Kurusetra, membuat Pandawa tak lagi menginginkan tahta Hastina. Pandawa akhirnya lebih memilih untuk mendaki puncak Mahameru menuju swargaloka bersama Drupadi.
Bharatayudha disebut-sebut sebagai cerita yang mewakili karakter manusia di alam mayapada. Tidak mengherankan pula jika banyak orang mengatakan bahwa kisah Bharatayudha tak ubahnya seperti cermin kehidupan manusia yang sebenarnya.